Contoh Marquee dari bawah ke atas

Sabtu, 22 November 2025

Materi Pokok Kurikulum Berbasis Cinta


Materi Pokok Kurikulum Berbasis Cinta

Berikut adalah rincian panca cinta kurikulum berbasis cinta:

1. Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya

● Tujuan:

○ Menumbuhkan pemahaman mengenai sifat Allah yang Maha Cinta serta Rasulullah

sebagai sosok teladan penuh cinta.

○ Mengenal sifat jamaliyah (keindahan) dan jalaliyah (ketegasan) Allah secara lebih

seimbang, sehingga citra Allah yang selama ini digambarkan maha penghukum akan

digantikan oleh citra yang lebih tepat.

○ Memahami bahwa welas asih (rahmah) Allah lebih dominan daripada murka

(ghadhab) Nya, sehingga akan tumbuh rasa cinta (bukan paksaan) dalam beribadah

kepada Allah, menjalankan sunnah Rasulullah serta berkhidmat kepada manusia lain

dan lingkungan.

○ Menumbuhkan pemahaman bahwa dengan ilmu, manusia mampu membukakan tabir

keagungan penciptaan dan hikmah di balik setiap syariat. Melalui pemahaman yang

mendalam tentang alam semesta, sejarah, dan ajaran agama, kita akan merasakan

getaran cinta Ilahi yang universal.

● Materi:

○ Keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. sebagai inti dan muara kehidupan.

○ Mengenal Asmaul Husna untuk meneladani sifat-sifat mulia Allah Swt., seperti ar-

Rahman (Maha Pengasih), ar-Rahim (Maha Penyayang), al-'Adl (Maha Adil), al-

Latif (Maha Lembut), ar-Rauf (Maha Penyantun).

○ Ibadah sebagai wujud cinta kepada Allah Swt., meliputi salat, doa, zikir, dan

membaca Al-Qur'an dengan khusyuk.

○ Mensyukuri nikmat Allah Swt. melalui rasa syukur dalam perilaku sehari-hari.

○ Sejarah kehidupan Rasulullah saw. (Sirah Nabawiyah) dalam membangun kasih

sayang di masyarakat.

○ Mempraktikkan sifat-sifat Rasulullah, seperti cerdas, jujur, amanah, lemah lembut,

dan dermawan.

○ Mempelajari hadis-hadis yang mengajarkan cinta dan akhlak mulia.

2. Cinta Ilmu

● Tujuan:

○ Menumbuhkan pemahaman bahwa dengan ilmu, manusia mampu membukakan tabir

keagungan penciptaan dan hikmah di balik setiap syariat.

○ Melalui pemahaman yang mendalam tentang alam semesta, sejarah, dan ajaran

agama, diharapkan akan merasakan getaran cinta Ilahi yang universal.

● Materi:

○ Pilar sukses mencari ilmu: niat, tekun, tawakal, wara', yakin, dan syukur.

○ Ilmu sebagai alat transformasi sosial dan global.

○ Literasi sebagai sumber ilmu.

○ Menjadi pembelajar sepanjang hayat.

○ Adab kepada guru.

○ Pemanfaatan teknologi.


○ Inovasi dan penalaran kritis.

○ Ilmu sebagai penuntun keseimbangan hidup.

○ Ilmu dalam konteks keberagaman sejarah, sosial, dan budaya.

○ Sumber ilmu (qauliyah dan kauniyah).

3. Cinta Lingkungan

● Tujuan:

○ Memahami alam semesta sebagai manifestasi cinta dan kebesaran Allah sehingga

tumbuh sikap hormat dan kasih sayang terhadap lingkungan.

○ Membangun relasi yang tidak transaksional dengan alam, tetapi dilandasi cinta dan

kepedulian sebagaimana terhadap diri sendiri.

○ Menghayati sunnatullah sebagai sistem keseimbangan ciptaan Allah yang perlu

dijaga dan dihormati demi keberlanjutan kehidupan.

● Materi:

○ Penguatan bahwa Islam sebagai agama rahmatan lil 'alamin (rahmat bagi seluruh

alam).

○ Adab pada alam dan lingkungan.

○ Menghindari fasad (kerusakan). Larangan merusak lingkungan (QS. Al-A'raf: 56 dan

QS. Ar-Rum: 41).

○ Praktik menjaga kebersihan (thaharah) dan hemat energi (larangan ishraf).

4. Cinta Diri dan Sesama Manusia

● Tujuan:

○ Menumbuhkan pemahaman bahwa diri adalah manifestasi (tajalli) dari cinta Allah,

sehingga murid mampu mengenal Allah melalui pengenalan diri. Hal ini akan

mendorong murid untuk bersyukur dan merawat potensi dirinya sebagai karunia

Ilahi.

○ Menumbuhkan sikap syukur pada diri melalui penerapan self-compassion, yaitu

mengembangkan welas asih terhadap diri sendiri dengan memenuhi hak-hak dasar

fisik, emosi, dan spiritual secara seimbang, sehingga murid dapat menjadi individu

yang utuh dan berdaya.

○ Menguasai keterampilan Social Emotional Skill (SES) untuk menjadi pengendali

emosi yang efektif, sehingga murid memiliki kesejahteraan mental yang baik dan

seimbang, serta mampu menghadapi tantangan hidup dengan positif.

○ Memahami hakikat kesatuan manusia sebagai satu kesatuan yang setara dan saling

terhubung, sehingga murid akan menyadari bahwa mencintai dan menghargai orang

lain adalah cerminan dari menghargai dan mencintai diri sendiri.

○ Memahami keragaman sebagai bagian dari sunnatullah dan fitrah kehidupan,

sehingga murid dapat menerima perbedaan sebagai kekayaan, bukan hambatan.

○ Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan kemanusiaan, seperti

tasamuh (toleransi), tawasuth (moderat), syura (musyawarah), dan lainnya dalam

interaksi sosial, sehingga murid dapat membangun hubungan yang harmonis dan

penuh kedamaian di tengah masyarakat.

● Materi:

○ Membiasakan akhlak terpuji kepada diri sendiri, seperti tawakal, ikhtiar, syukur,

sabar, qanaah, kreatif, produktif, dan inovatif.


○ Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri, seperti ananiah, putus asa, ghadab,

dan tamak.

○ Membiasakan diri menjaga kebersihan, kesehatan, dan keselamatan diri sebagai

bentuk syukur dan tanggung jawab.

○ Ajaran Islam tentang ukhuwah Islamiyah (persaudaraan dalam Islam) dan ukhuwah

insaniyah (persaudaraan kemanusiaan).

○ Adab kepada orangtua, saudara, tetangga, dan teman.

○ Adab kepada sesama umat beragama maupun antarumat beragama.

○ Memahami akhlak terpuji kepada sesama: ta'awun, tafahum, tasamuh, tawadhu, dan

husnuzhan.

○ Memahami akhlak tercela kepada sesama: ananiah, rafast, gadhab, su'uzhan,

ghibah, fitnah, dan namimah.

5. Cinta Tanah Air

● Tujuan:

○ Menumbuhkan semangat cinta tanah air sebagai bagian dari iman.

● Materi:

○ Ajaran Islam tentang ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan).

○ Konsep cinta tanah air dalam Islam (Hubbul Wathan minal Iman).

○ Menghormati perbedaan suku, budaya, dan agama dalam bingkai persatuan (QS. Al-

Hujurat: 13).

○ Menjaga kedaulatan dan keamanan negara dengan berkontribusi untuk kemajuan

bangsa.



https://www.kherysuryawan.id/2022/08/materi-ips-kelas-7-semester-1-2.html

https://www.proscar.live/2025/10/kbc-al-quran-hadist-kelas-8.html

https://www.ayomadrasah.id/2025/11/kma-1503-tahun-2025-kurikulum-ra-madrasah.html

https://rppm-generator.ekopujiyanto.page/